Fakta-fakta Smartwatch Bukti Hilangnya Wartawan Arab Saudi

Jakarta – Kasus wartawab Arab Saudi Jamal Khashoggi yang menghilang pada 2 Oktober masih terus ditelusuri. Otoritas Turki mengklaim punya bukti keterlibatan pihak Arab Saudi.

Sebelumnya, Turki memberikan bukti awal dari rekaman CCTV. Kini, beredar informasi mengenai Apple Watch yang dikenakan Khashoggi menjadi bukti utama kasus ini.

Informasi mengenai bukti yang disimpan dari Apple Watch ini pertama kali disebarkan melalui CNN yang mengutip dari Sabah, surat kabar asal Turki.


Laporan tersebut mengklaim, Apple Watch yang dikenakan Khashoggi memuat rekaman audio saat dia berada di dalam kedutaan Saudi.

Rekaman audio yang didapatkan Turki disebut berasal dari iPhone Khashoggi yang berada di tangan tunangannya, yang pada hari kejadian menunggu di luar kedutaan.

Namun, apakah Apple Watch punya kemampuan seperti itu? Berikut fakta dari Apple Watch yang dikenakan Khashoggi.

1. Jenis Apple Watch

Apple Watch yang dikenakan Khashoggi adalah Apple Watch 3. Dikutip dari Tech Crunch, Senin (15/10/2018), Apple Watch yang dikenakan Khashoggi memiliki ciri Apple Watch 3, dilihat dari bulatan mahkota digital merah yang berada di bagian samping jam.

Menurut Appleinsider, tanda merah yang berada di bulatan mahkota digital ini menandakan bahwa Apple Watch 3 mempunyai konektivitas LTE.

2. Koneksi

Walaupun begitu, jaringan LTE di Apple Watch hanya bisa digunakan secara terbatas di negara asalnya. Hal ini juga dikonfirmasi situs resmi Apple, bahwa tidak ada Apple Watch baik seri 3 maupun 4 dengan LTE yang mendukung untuk roaming di seluruh dunia.

Ditambah lagi, tidak ada jaringan dari Turki yang termasuk dalam daftar jaringan LTE yang mendukung Apple Watch 3. Yang artinya, Khashoggi membeli Apple Watch 3 di Amerika Serikat, dan tidak bisa menggunakan jaringan LTE-nya di Turki.

Meski demikian, jam tangan pintar ini tidak sepenuhnya tak berguna, Apple Watch masih mampu memindahkan data-datanya ke iPhone pemilik dengan menggunakan WiFi atau Bluetooth.

Namun, untuk menghubungkan WiFi ke Apple Watch, dibutuhkan iPhone pemilik untuk menghubungkan keduanya. Satu-satunya cara adalah dengan Bluetooth.

Tapi, dalam penggunaan Bluetooth, jarak antara iPhone dan Apple Watch harus berdekatan. Apple memang tidak mencantumkan jarak maksimal, namun Mashable memprediksi jaraknya antara 9-15 meter. Diketahui sebelumnya, iPhone Jamal Khashoggi dipegang oleh tunangannya yang menunggu di luar kedutaan Saudi.

3. Keamanan

Berdasarkan informasi yang dirilis Sabah, pembunuh Khashoggi menghapus beberapa data dari Apple Watch dengan menggunakan fingerprint atau sidik jari di Apple Watch-nya. Namun, perlu diketahui bahwa Apple Watch tidak memiliki fasilitas keamanan berupa fingerprint seperti iPhone atau iPad.

4. Data dibackup via iCloud

Masih berdasarkan laporan Sabah, data dari Apple Watch yang dikenakan Khashoggi di-back up ke iCloud. Ini masih diperdebatkan, karena ketiadaan jaringan yang menghubungkan Apple Watch ke internet untuk membackup data ke iCloud.

Namun, jika memang berhasil, data di iCloud hanya bisa diakses oleh pemegang akun, atau pemegang iPhone. Bahkan, Apple sendiri tidak dapat membaca dan mengakses data-data ini.

Ada spekulasi yang beranggapan, tunangan Khashoggi yang membantu mendapatkan rekaman audio ini dari iPhonenya. Tapi, belum ada laporan jelas mengenai hal ini. (rns/rns)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.